Halaman

Selasa, 05 Juli 2011

Pelatihan pembuatan Nugget Rumput Laut.

Abon Telur, Ikan Bandeng Presto dan Nugget Rumput Laut

Selasa (5/7), Mahasiswa KKN Reguler Universitas Hasanuddin (UNHAS) Gel.80 Kabupaten Bantaeng, Kec. Ulu Ere, Desa Bonto Marannu mengikuti pelatihan pembuatan nugget rumput laut, abon telur dan bandeng presto di kantor kepala Desa Bonto Marannu. Pelatihan ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Ulu Ere, Ibu HJ. Sukmawati, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bisappu, Ibu HJ.Rusliah, Ibu Desa Bonto Marannu dan Masyarakat Desa Bonto Marannu. Kegiatannya berlangsung dari pukul 16:00 WITA – 18:00 WITA.

Proses pembuatan nugget rumput laut, abon telur dan bandeng presto dibimbing langsung oleh Ibu HJ.Rusliah dan melibatkan Mahasiswi KKN UNHAS beserta masyarakat untuk terjun langsung dalam proses memasaknya. Bahan yang dibutuhkan adalah bumbu-bumbu dapur yang sangat mudah untuk didapatkan, seperti : bawang putih, merica, telur, rumput laut bubuk, ikan bandeng.  

Untuk Abon telur menggunakan bahan dasar telur yang dikocok kemudian di gorengg di atas wajan yang sudah ada minyaknya, telur dapat berbentuk seperti abon karena telur di saring ketika ingin digoreng, saringan akan membuat telur menjadi serabut-serabut seperti abon. Setelah jadi abon telur dapat ditambahkan dengan kacang goreng. Sementara Nugget rumput laut berasal dari ikan cakalang yang di haluskan dan dicampur dengan beberapa bumbu dapur dalam bentuk bubuk seperti garam, merica, bawang putih dan tentu saja rumput laut. Setelah bahan tercampur semua, ikan dikukus kemudian digoreng.

“ Tergantung dengan kebutuhan masyarakat dan rekomendasi agenda dari ibu desa “ ungkap Ibu HJ. Sukmawati terkait dengan penjadwalan pelatihan memasak di setiap desa yang ada di Kabupaten Bantaeng. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat desa khususnya ibu-ibu dan mendorong mereka untuk membuka usaha sendiri yang tentunya akan mengahasilkan keuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar